DPP FORMASI ][ online

Dewan Pimpinan Pusat – Forum Mahasiswa Syariah se-Indonesia

Sejarah

FORMASI (Forum Mahasiswa Syariah se-Indonesia) merupakan organisasi perkumpulan mahasiswa syariah se-Indonesia yang berdiri pada tanggal 20 Desember 1995 M yang bertepatan dengan 17 Rajab 1416 H bertempat di Yogyakarta.

Sejarah pendiriannya, di Yogyakarta (IAIN Sunan Kali Jaga) pada tahun 1995 terbentuklah sebuah organisasi perkumpulan mahasiswa syariah seluruh Indonesia yang kemudian disebut Forum Mahasiswa Syariah se-Indonesia (FORMASI) yang melaksanakan kongres mahasiswa syariah yang pertama diselenggarakan di Makasar (Universitas Muslim Indonesia) pada tahun 1996. Selanjutnya, kongres II dilaksanakan di Semarang (IAIN Wali Songo) pada tahun 1997, kongres III dilaksanakan di Jakarta (IAIN Syarif Hidayatullah) pada tahun 1999, kongres IV dilaksanakan di Banjarmasin (IAIN Antasari) pada tahun 2000, kongres V dilaksanakan di Jakarta (IAIN Syarif Hidayatullah) pada tahun 2003, kongres VI dilaksanakan di Padang ( IAIN Imam Bondjol ) pada tahun 2005, dan kongres VII dilaksanakan di Jakarta ( UIN Syarif Hidayatullah) pada tahun 2008.

FORMASI, dengan sekian variabel yang ada, hadir sebagai jawaban dari kegelisahan mahasiswa syariah di Indonesia. Perkembangan sosial budaya dan politik saat itu turut mendorong lahirnya FORMASI. Perdebatan seputar relasi agama vis a vis negara, paling tidak menjadi landasan kehadiran FORMASI untuk turut berkecimpung dalam persoalan kebangsaan dan kenegaraan.

Namun demikian, perjuangan FORMASI tidak berhenti sampai di situ, dalam perjalanannya menghadapi kemajuan zaman dan tantangan arus gelombang globalisasi  saat ini, FORMASI sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan Islam, memfokuskan diri sebagai lembaga kaderisasi dan perjuangan aspirasi mahasiswa syariah seluruh Indonesia terus berusaha memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan bangsa dan negara dengan terus mengusahakan untuk melahirkan ahli-ahli syariah yang profesional, kualitatif dan kompetitif dalam persaingan global serta FORMASI senantiasa terus barusaha mengawal kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara di Indonesia untuk terwujudnya baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur..

Tak pelak lebih 13 tahun usia yang tak dapat diabaikan begitu saja bila ditilik dari estabhlis dan perjalanan panjang yang dilalui. Lebih-lebih bila diamati dari fungsionalisasi peran dan maksimalisasi sebuah organisasi, FORMASI mengambil peran yang signifikan bila benar-benar secara cerdas dan tepat mengambil dan memposisikan diri sebuah organiasasi yang tak hanya bermodal name board semata, tapi lebih dari itu, bermodalkan sosial dan mandat sosial (social mandatory) yang diemban. Konsekuensi dari itu,  FORMASI secara tegas telah meredefinisi organisasi dalam menentukan arah platform gerakan yang membumi pada kebutuhan dasar mahasiswa syariah dalam rangka mewujudkan ahli-ahli syariah yang profesional, berkualitas dan kompetitif dan senantiasa melakukan gerakan kritis-transformatif dalam memberikan sumbangsihnya dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Dalam garis perjuangannya, FORMASI terus berusaha untuk terlibat aktif dan berkontribusi positif dalam persoalan-persoalan sosial-keagamaan, supremasi hukum dan pembangunan ekonomi yang merupakan bidang kajian FORMASI itu sendiri. Dalam hal sosial-keagamaan, FORMASI berupaya untuk terus memperjuangkan terwujudnya suatu tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang religius dalam rangka mempertahankan budaya bangsa yang bermoral dengan mengedepankan nilai-nilai keadilan (ta’addul), keseimbangan (tawazzun) dan toleransi (tasammuh) sebagai inti dari ajaran Islam yang difahami oleh FORMASI.

Dalam bidang hukum, FORMASI terus berupaya untuk berkontribusi dan mendorong terciptanya supremasi hukum demi terwujudnya keadilan bagi seluruh masyarakat dan terciptanya clean governance dengan melakukan langkah-langkah integratif dan akomodatif antara hukum islam dengan hukum positif tanpa harus  melakukan dikotomi dan polarisasi dengan mengedepankan pluralitas dan kesetaraan.

Dalam bidang ekonomi, FORMASI terus berupaya untuk mendorong perkembangan ekonomi syariah di Indonesia demi terwujudnya sistem perekonomian bangsa yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat, sehingga pertumbuhan ekonomi nasional dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, dengan berlandaskan nilai-nilai ke-Tuhan-an.

 
%d blogger menyukai ini: